Langsung ke konten utama

Poki Academy 1.0 : Pelatihan Olimpiade Kebumian, Astronomi, Geografi Super Intensif 2024

 

PENGANTAR OSN & INFORMASI POKI ACADEMY

A.    APA ITU OSN

Olimpiade Sains Nasional adalah kompetisi tahunan yang diadakan oleh kemendikbud-ristek bagi pelajar SD, SMP, dan SMA di seluruh Indonesia yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional. Sebelum berganti nama di tahun 2020, OSN dikenal dengan nama Olimpiade Sains Nasional (OSN). Perubahan ini terjadi setelah Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia, Nadiem Makarim, mendirikan Pusat Prestasi Nasional yang menaungi seluruh pelaksanaan lomba, kompetisi, dan festival di Indonesia, guna meningkatkan mutu pendidikan dan memberikan ruang aspirasi serta apresiasi untuk pelajar dalam mewujudkan talenta emas Indonesia. Perlombaan yang telah berlangsung selama kurang lebih 20 tahun ini memiliki 9 bidang Matematika, Kimia, Biologi, Fisika, Komputer, Astronomi, Geografi, Kebumian, dan Ekonomi.

Perlombaan ini memiliki sistem seleksi yang berjenjang mulai dari tingkat sekolah, kota, provinsi dan nasional. Nantinya para juara (medalis) di tingkat nasional akan diseleksi lagi untuk mengikuti olimpiade tingkat internasional (International Science Olympiad). ISO sendiri juga menyesuaikan untuk bidang masing-masing. ISO untuk bidang kebumian bernama IESO atau International Earth Science Olympiad, ISO untuk bidang geografi bernama IGEO atau International Geography Olympiad, dan ISO untuk bidang Astronomi bernama IOAA atau International Olympiad on Astronomy and Astrophysics. Siswa/I Indonesia sebelum melangkah menjadi delegasi Indonesia di ISO, akan melewati tahap pelatihan nasional bersama dengan dosen pilihan tertentu yang representative dijurusan terkait bidang keilmuan olimpiadenya.

 

B.    KENAPA OSN PENTING ?

Kegiatan OSN dinilai sangat penting untuk semua pihak yang terlibat tidak hanya siswa yang bersangkutan sebagai subjek yang melaksanakan kompetisinya. Berikut ini dipaparkan alasan OSN dianggap penting dan bermanfaat bagi siswa, orang tua dan pihak sekolah:

1.     Siswa yang mendapatkan medali akan mendapatkan uang pembinaan dari kementerian, dari pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten/kota, sekolah dan sumber lainnya sebagai hadiah hingga belasan juta rupiah.

2.     Siswa yang mendapatkan medali akan diundang secara khusus mengikuti pelatihan nasional yang tentunya akan mengangkat nama baik sekolah.

3.     Melatih jiwa kompetitif dan disiplin siswa secara pribadi

4.     Membuka pola pikir siswa sehingga terbiasa memiliki pola piker HOTS dan analitik tinggi.

5.     Meningkatkan kemampuan Bahasa inggris siswa yang mengikuti olimpiade.

6.     Menjadi kesempatan siswa untuk mendapatkan teman dari 34 provinsi di Indonesia

7.     Siswa yang menjadi Medalis akan mendapatkan undangan langsung ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN) tanpa tes melalui jalur prestasi yang sangat banyak terbuka di Indonesia. Bahkan beberapa sekolah kedinasan (Perguruan tinggi Kedinasan) juga membuka jalur penerimaan prestasi olimpiade untuk calon mahasiswa/taruna nya.

8.     Siswa yang lolos ke tingkat nasional bahkan bisa mendapatkan medali beserta sekolahnya akan memiliki nama yang harum di berbagai kalangan tidak hanya akademik namun juga kalangan non akademik sebagai sekolah berprestasi dan nama baik tersebut akan kekal hingga selama-lamanya karena bisa mencetak sejarah yang akan diingat kedepannya karena kegiatan OSN dilaksanakan setiap tahunnya.

9.     Siswa yang lolos ke tingkat nasional dan/atau bahkan mendapatkan medali akan mendapatkan kesempatan Beasiswa Indonesia Maju hingga beasiswa prestasi lainnya.

10.   Pihak Sekolah berkesempatan mendapatkan dana BOS Kinerja Prestasi dengan jumlah sesuai prestasi tertinggi terakhir untuk kegiatan OSN nya.

11.   Dapat menjadi pintu pembuka pembuka untuk SNMPTN sekolah asal

12.   Mempunyai kesempatan untuk mengikuti Olimpiade Internasional

13.  Siswa yang memiliki keaktifan di Olimpiade juga bisa turut memberikan sumbangsih bagi nama baik sekolah dengan mengikuti OPSI (Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia) dikarenakan keilmuan yang baik di OSN bisa mendukung keilmuan untuk mengikuti perlombaan OPSI.

14.   Sekolah dengan adanya record prestasi OSN akan memberikan stigma khusus dan daya tarik sebagai sekolah berprestasi bagi orang tua mendaftarkan anaknya menjadi peserta didik baru di Sekolah tersebut.

 

C.    POKI ACADEMY & LATAR BELAKANGNYA

Poki Academy adalah salah satu program dari Poki Edu yang bergerak pada sektor edukasi non formal berupa Pelatihan OSN berbasis pendekatan brainstorming penguatan skill dasar sebagai seorang ahli ilmu alam. Esensi tersebut menyebabkan Poki Academy memiliki pola kegiatan belajar yang sangat berbeda dengan pola pelatihan dari Program Poki Edu lainnya bahkan berbeda dengan pola pelatihan dari lembaga lainnya. Untuk mewujudkan jati diri dan pembiasaan sebagai seorang ilmuan muda yang ahli kebumian diperlukan penguasaan materi yang total, lengkap dan menyeluruh, kemudian diperlukan adanya skill lapangan yang berhubungan dengan common sense dengan alam sebagai seorang ahli kebumian. Skill dasar Teori, Analisis Konsep, Perhitungan numerik dan pengolahan data lapangan yang terpadu ini yang jarang diangkat disetiap kegiatan pelatihan olimpiade khususnya bidang Kebumian, Astronomi dan Geografi.

Skill dasar tersebut bahkan menjadi pertimbangan dalam asesmen yang dilakukan dalam bentuk kompetisi OSN. OSN bidang kebumian, geografi dan astronomi pada setiap tingkat lomba kegiatan dilakukan penyesuaian pada jenis soal – soalnya menyesuaikan dengan pengujian skill dasar sebagai seorang ahli ilmu alam. Perlombaan tingkat kabupaten/kota memerlukan skill teori dan konsep, tingkat provinsi memerlukan skill hitungan numerik ditambah skill sebelumnya dan tingkat nasional memerlukan skill praktik lapangan beserta 2 skill dasar sebelumnya sehingga diperlukan integrasi skill yang komprehensif agar penguasaan keilmuan kebumian menjadi lebih menyeluruh. Namun, kendala yang sering dihadapi adalah, adanya keterbatasan waktu dan keterbatasan material sumber belajar menyebabkan pemahaman siswa terhadap 3 keilmuan serumpun ini menjadi kurang maksimal. Dalam banyak kegiatan pelatihan selalu menggunakan format kegiatan rata-rata 36 jam, dimana alokasi waktu ini masih belum cukup untuk menelaah ilmu kebumian, geografi fisik dan astronomi secara totalitas khususnya jika ingin menerapkan target penguasaan skill dasar teori konsep, hitungan analisis dan praktik lapangan. Disamping itu, kegiatan pelatihan dengan format 36 jam di banyak lembaga masih memiliki tarif dengan patokan yang cukup tinggi hingga lebih dari 3 juta. Tentu, jika skema pembiayaan yang dilakukan secara pribadi/personal atau berasal dari orang tua, harga tersebut masih tergolong cukup tinggi.

Oleh karena itu, Poki Academy hadir untuk mengakomodir pelatihan skill dasar sebagai seorang ahli muda ilmu alam untuk bidang kebumian, geografi dan astronomi dengan konsep pelatihan yang totalitas mempelajari skill teori yang lengkap, skill hitungan analisis dan skill praktik lapangan sekaligus dalam periode waktu pelatihan yang panjang menyesuaikan kondisi luasnya ilmu bumi. Poki Academy turut menghadirkan harga penawaran investasi yang menjanjikan dengan harga yang sangat dan bahkan bisa dibilang merupakan harga yang termurah di Indonesia. Walaupun dengan harga murah, hasil yang diharapkan tentunya akan menghasilkan siswa yang memiliki keilmuan yang lengkap menyeluruh dan totalitas sehingga siap untuk mengikuti kegiatan OSN bukan lagi untuk persiapan tingkat kabupaten kota namun untuk persiapan sukses mendapatkan medali di OSN tingkat nasional. 

 

D.    TUJUAN POKI ACADEMY

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Bagus Primohadi Syahputra Alumni OSN Kebumian 2017 melalui Poki Edu dengan tujuan :

1.     Memberikan pelatihan olimpiade kebumian, geografi dan astronomi dengan materi terlengkap di indonesia

2.     Memberikan pelatihan olimpiade kebumian, geografi, dan astronomi dengan biaya termurah di Indonesia dengan fasilitas premium

3.     Memberikan pembiasaan semangat kompetisi kepada peserta poki academy sehingga memiliki mental juara dan bersaing yang kompetitif

4.     Poki Academy memiliki target untuk mengantarkan pesertanya mendapatkan medali tentu dengan semangat dan kerja keras

5.     Memberikan wawasan brainstorming terkait skill dan prospek keilmuan kebumian, geografi dan astronomi dalam dunia kerja.

 

E.    INFORMASI DASAR & BENTUK KEGIATAN

Informasi dasar terkait Poki Academy bisa disimak pada poin berikut:

1.     Poki Academy dilaksanakan secara daring (full online) melalui Zoom

2.     Kegiatan akan dimulai Januari 2023 hingga Juni 2023

3.     Durasi pelaksanaan Poki Academy berbeda untuk setiap bidangnya. Bidang kebumian dimulai Januari hingga Juni 2023, Bidang Astronomi dimulai Januari hingga Februari 2023, dan Bidang Geografi dimulai Februari hingga Mei 2023.

4.     Pelatihan Poki Academy dilaksanakn setiap malam dari pukul 07.00 – 09.00 WIB dan kemungkinan akan berubah pada sore hari pukul 16.00 – 17.30 WIB atau malam pada pukul 21.00 – 22.30 WIB khusus Bulan Ramadhan 2024.

5.     Poki Academy terdiri atas 2 Jenis Pelatihan yaitu Pelatihan Keilmuan OSN dan Pelatihan Self Improvement atau Pengembangan Diri.

6.     Jenis Pelatihan Keilmuan pada Poki Academy akan menghadirkan materi olimpiade dan materi pendukungnya dari tingkat pemahaman paling dasar atau basic hingga pemahaman yang tinggi atau advance dengan distribusi materi berasal dari materi perkuliahan sehingga peserta poki academy akan mendapatkan keilmuan yang lebih komprehensif dan lengkap. Pelatihan Keilmuan dimulai dari Hari Senin – Jumat setiap minggunya selama periode aktif kelas setiap bidang olimpiade. Kemudian, peserta akan mendapatkan dukungan Latihan soal minimal 25 soal maksimal 50 soal setiap hari setelah sesi materi harian untuk mendukung proses asesmen peserta poki academy dengan nilai yang direkap rutin setiap hari. Selain latihan soal harian, jenis pelatihan keilmuan akan didukung juga dengan pemberian Latihan simulasi try out soal soal olimpiade berbagai event dimulai dari soal soal OSN terdahulu, soal soal perlombaan universitas, dan soal soal olimpiade yang berasal dari negara luar. Kegiatan ini dilaksanakan setiap hari sabtu dengan waktu pengerjaan dibebaskan kepada peserta bisa pada jam berapapun dengan tenggat waktu pukul 18.00 WIB yang kemudian akan diberikan kunci jawaban dan/atau beserta pembahasan pada malam harinya mulai pukul 19.00 WIB.

7.     Khusus sesi pelatihan keilmuan yang diberi kode diskusi soal (hitungan), peserta akan diberi tutorial lebih mendalam cara pengerjaan soal soal berbasis hitungan dan studi kasus analisis data yang komprehensif dan kemudian turut serta diberi soal tes asesmen harian untuk melatih keilmuan soal hitungan yang telah diperoleh.  

8.     Jenis kegiatan pelatihan keilmuan juga mendukung sesi pelatihan praktik untuk persiapan OSN tingkat nasional seperti adanya Latihan Tes Multimedia, Latihan Analisis Data, Latihan Tes Peraga dan Latihan Tes Praktik Lapangan yang akan dilakukan dengan skema Hybrid di rumah masing-masing.

9.     Jenis pelatihan self improvement atau pengembangan diri dari Poki Academy sendiri merupakan sesi tambahan selain jenis pelatihan keilmuan. Tujuan utama kegiatan ini untuk lebih menjaga stabilitas motivasi peserta poki academy berhubung kegiatan poki academy dilaksanakan secara berbulan-bulan. Kegiatan ini disebut lebih lanjut sebagai kelas brainstorming. Kelas Brainstorming akan memiliki 3 pilar yaitu sesi Penguatan Skill, sesi motivasi, dan sesi manajemen masa depan. Kegiatan ini dilaksanakan setiap hari minggu dengan durasi 1 jam pada malam hari pukul 20.00 – 21.00 WIB. Kegiatan kelas brainstorming pada beberapa topik akan menghadiran para narasumber hebat yang sudah berpengalaman di topik nya masing-masing yang telah dirancang.

10.  Poki Academy juga menyediakan sesi percobaan kelas awal secara gratis dengan topik saintek dasar dengan total 11 Jam selama 7 Hari di Bulan Desember 2023.

11.  Pembelajaran Total OSN bidang Kebumian di Poki Academy akan memiliki waktu 210 Jam dengan total 6 Bulan belajar.

12.  Pembelajaran Total OSN bidang Astronomi di Poki Academy akan memiliki waktu 90 Jam dengan total 2 Bulan belajar.

13.  Pembelajaran Total OSN bidang Geografi di Poki Academy akan memiliki waktu 150 Jam dengan total 4 Bulan belajar.


TENTANG PENGAJAR

A.    PROFIL SINGKAT PENGAJAR

 Bagus Primohadi Syahputra adalah seorang mahasiswa akademisi yang memiliki keahlian dalam pengolahan dan analisis data, pemetaan spasial dan pemrograman komputer yang berpengalaman pada dunia praktisi dibidang pendidikan selama 5 tahun. Selain itu, turut aktif berorganisasi sehingga mampu beradaptasi dan bekerjasama dalam tim dengan komunikasi public speaking yang interaktif serta memiliki ketertarikan pada bidang grafis, content/video creator & kepenulisan 

B.    SKILL KEMAMPUAN PENGAJAR DI BIDANG PENDIDIKAN

  • Motivasi Peserta Didik
  • Membuat Soal HOTS
  • Membuat Video Pembelajaran
  • Komunikasi Pengajaran
  • Adaptasi Edu Technology
  • Manajemen Kelas & Konflik
  • Aplikasi Metode Pengajaran
  • Teknik Presentasi

C.    PRESTASI SAAT SMA

  • Peraih Medali Perak Tingkat Nasional Olimpiade Sains Nasional Bidang Ilmu Kebumian - Kemendikbud 2017
  • Delegasi Pertukaran Pelajar Tingkat Nasional SMN - KemenBUMN 2016
  • Finalis Utama Olimpiade Geografi Tingkat Nasional Nasional UI 2016
  • Peraih Medali Perunggu Tingkat Regional Sumbagteng Olimpiade Geosains UNRI 2016
  • Peraih Medali Perunggu Tingkat Regional Sumbagteng Olimpiade Geologi UNRI 2016
  • Peraih Medali Emas FLS2N Bidang Seni Cipta Puisi Kota Dumai 2016
  • Peraih Medali Perak Tingkat Regional Sumbagteng Olimpiade Geosains UNRI 2017
  • Peraih Medali Perunggu Tingkat Regional Sumbagteng Olimpiade Sejarah UNRI 2017
  • Peraih Medali Perunggu Tingkat Regional Sumbagteng Olimpiade Astronomi UR 2017
  • Peraih Medali Perunggu FLS2N Bidang Seni Kriya Kota Dumai 2017
  • Peraih Medali Emas Sekaligus Juara Umum Olimpiade Kebumian Se Regional Sumatera Universitas Negeri Padang 2017
  • Juara 1 Cerdas Cermat IPS Sosial Humaniora Sekota Dumai 2017
  • Juara 3 LCC Anti Korupsi Pemprov Riau & KPK 2017


D.    PRESTASI SAAT KULIAH

  • Peraih Medali Emas Olimpiade Tingkat Pengajar/Guru Bidang Geosains Lembaga Olimpiade Sains Pendidikan Indonesia & Universitas Riau 2018
  • Peraih Medali Perak Olimpiade Tingkat Pengajar/Guru Bidang Geografi OSRC & Universitas 2019
  • Best Presenter LKTi Nasional Faterna Scientific Week Fakultas Peternakan Unand 2020
  • Juara 3 LKTI Nasional Faterna Scientific Week - Fakultas Peternakan Unand 2021
  • Juara 3 LKTI Nasional Soil Festival - Fakultas Pertanian IPB 2021
  • 1st Best Oral Presenter di International Conference on Multidispilicary Research 2021
  • Grand Finalis Paper Competition Geospatial Challenge ITB 2021
  • Pemateri/Pembicara di International Conference on Mathematics & Sciences UNMUL 2021
  • Pemateri/Pembicara di Seminar Nasional Pendidikan Fisika UNDIKSHA Denpasar 2021
  • Pemateri/Pembicara di Seminar Nasional Fisika UPI Bandung 2021
  • Pemateri/Pembicara di Seminar Nasional Geografi UNJ Jakarta 2021
  • Pemateri/Pembicara di International Conference on Aerospace & Aviation ITB 2021
  • Pemateri/Pembicara di Seminar Nasional Matematika UIN Malang 2021
  • Pemateri/Pembicara di Seminar Nasional Pertanian APTS-IPI UM Mataram 2021
  • Pemateri/Pembicara di Webinar Nasional Sekolah Kebencanaan BEM UB 2021
  • Pemateri/Pembicara di International Conference Science & Applied Science 2022
  • Pemateri/Pembicara di International Conference on Multidispilicary Research 2022
  • Pemateri/Pembicara di Seminar Nasional STEAM UNIBABWI 2022
  • Pemateri/Pembicara di Webinar Kedinasan Makarim Institute 2022
  • Pemateri/Pembicara di Webinar Cuaca Envymet 2022
  • Pemateri/Pembicara di Webinar Statistika Festival HPD STIS Jakarta 2022
  • Pemateri/Pembicara di International Conference of Life Science & Biology UNHAS Makassar 2022
  • Pemateri/Pembicara di International Conference of Post Graduate UNIPA Jayapura 2022
  • Pemateri/Pembicara di International Conference on Geoscience, Environment UNHAS 2022
  • Pemateri/Pembicara di Seminar Nasional Fisika UPI Bandung 2022
  • Grand Finalist di Paper Competition Geospatial Challenge Geodesi ITB 2023
  • Juara 1 dan Best Presentation Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional Universitas Andalas 2023
  • Pemateri/Pembicara di International Conference of Earth Science ITB 2023


E.    PENGALAMAN KERJA

  • Tutor Olimpiade Kebumian di SMAN Plus Provinsi Riau, September 2018-April 2019 (Luring)
  • Tutor Olimpiade Kebumian di MAN 2 Model Pekanbaru 2019
  • Tutor Olimpiade Kebumian di MAN 1 Pekanbaru 2019
  • Tutor Olimpiade Astronomi di SMAN 5 Pekanbaru 2019
  • Tutor Les Privat Fisika SMP-SMA di Pekanbaru, Oktober 2018-Mei 2019
  • Tutor Olimpiade IPA SMP di Pekanbaru Oktober 2018 - Mei 2019
  • Tutor Pelatihan Olimpiade Kebumian di SMAN 12 Jakarta 2020
  • Pembuat Konten Video Pembelajaran Pelatihan Olimpiade Kebumian Lembaga POSI 2020
  • Tutor Pelatihan Olimpiade Kebumian SMAN Binsus Dumai 2021
  • Tutor Olimpiade Kebumian Tim Kontingen Provinsi Aceh OSN 2021
  • Tutor Pelatihan Olimpiade Kebumian SMAN 3 Semarang 2021
  • Tutor Olimpiade Geografi SMAN 37 Jakarta 2021
  • Tutor Olimpiade Kebumian SMA Darul Ulum Jombang 2021
  • Tutor Olimpiade Kebumian SMAN 1 Tambang Riau 2021
  • Penulis Buku Olimpiade Kebumian SMA Penerbit Jasmedia
  • Tutor Olimpiade Kebumian SMAN 1 Singosari 2022
  • Tutor Olimpiade Kebumian MAN 1 Pekalongan 2022
  • Tutor Olimpiade Kebumian MAN IC Pekalongan 2022
  • Pelatih Olimpiade Kebumian untuk Guru SMA Al Azhar Se Indonesia 2022
  • Tutor Olimpiade Kebumian Persiapan OSN Tingkat Nasional ALC 2022
  • Tutor Olimpiade Kebumian Tim Kontingen Provinsi Jawa Barat OSN 2022
  • Tutor Olimpiade Kebumian Tim Kontingen Provinsi Riau OSN 2022
  • Tutor Olimpiade Astronomi SMAN 1 Sei Suka 2022
  • Tutor Olimpiade Geografi SMAN 87 Jakarta 2023
  • Tutor Olimpiade Kebumian SMA Gabungan Jakarta Timur 2023
  • Tutor Olimpiade Astronomi SMAN 1 Cibungbulang 2023
  • Tutor Olimpiade Astronomi SMAN 2 Sukabumi 2023
  • Tutor Olimpiade Kebumian MAN IC Pasuruan 2023
  • Tutor Olimpiade Kebumian SMAN 70 Jakarta 2023
  • Tutor Olimpiade Kebumian SMAN 8 Jakarta 2023
  • Tutor Olimpiade Kebumian SMAN Unggulan MH Thamrin Jakarta 2023
  • Tutor Olimpiade Kebumian SMAN IT Al Irsyad Purwokerto 2023
  • Tutor Olimpiade Kebumian Pelatihan Terpusat Jawa Tengah LOPI 2023
  • Tutor Olimpiade Kebumian Pelatihan Terpusat Jakarta LOPI 2023
  • Tutor Olimpiade Kebumian Pelatihan Terpusat Jawa Barat LOPI 2023
  • Tutor Olimpiade Kebumian SMA Al Azhar 22 Cikarang 2023
  • Tutor Olimpiade Kebumian SMA Al Azhar 4 Bekasi 2023
  • Tutor Olimpiade Astronomi MAN 4 Jakarta 2023
  • Tutor Olimpiade Kebumian SMA Pra OSP 2023 diberbagai sekolah dan lembaga
  • Tutor Olimpiade Kebumian SMA Pra OSN 2023 diberbagai sekolah dan lembaga
  • Freelance Pembuat Soal Try Out Olimpiade Kebumian, Geografi & Astronomi di Berbagai Lembaga/Event untuk SMP dan SMA

 

 

F.    DOKUMENTASI

 

 

SMAN 3 Semarang

MAN IC Pekalongan

 

 

SMAN 1 Sei Suka

Pemprov Riau

 

 

Intensif Pra OSN

SMAN 87 Jakarta

 

 

Gabungan Se Jakarta Timur

SMAN 4 Sukabumi

 

 

SMAN 1 Cibungbulang

MAN IC Pasuruan

 

 

SMA Al Azhar 4 Bekasi

Kontingen Jawa Barat

 

 

Kontingen Jawa Tengah

SMA Al Azhar Cikarang

 

 

MAN 4 Jakarta

SMAN 8 Jakarta


G.   TESTIMONI

Testimoni kegiatan pelatihan yang dipimpin oleh Bagus Primohadi bisa dilihat di pranala https://secreto.site/admxb3 secara lebih lengkap. Untuk beberapa testimoni kegiatan, berikut ini ditampilkan sampelnya.


RANCANGAN SILABUS & JADWAL KEGIATAN

A.    RANCANGAN SILABUS KELAS PERCOBAAN GRATIS


DAY

Trial Free Class

Referensi

Durasi (Jam)

Peserta

1

Sistem Bumi Antariksa & Manusia

Any Sources

2

Semua

2

Fisika Dasar 1

Halliday

1.5

Semua

3

Fisika Dasar 2

Halliday

1.5

Semua

4

Kimia Dasar 1

Raymond Chang

1.5

Semua

5

Kimia Dasar 2

Raymond Chang

1.5

Semua

6

Matematika Dasar 1

Ratnadewi dkk

1.5

Semua

7

Matematika Dasar 2

Ratnadewi dkk

1.5

Semua

Total Durasi

11

 

 

B.    RANCANGAN SILABUS BIDANG KEBUMIAN (Total Durasi 210 Jam 6 Bulan)

 

DAY

Meteorologi

Referensi

Durasi (Jam)

Peserta

1

Meteorologi Dasar

Hobbs

1.5

Kebum & Geo

2

Radiasi Atmosfer

Hobbs

1.5

Kebum & Geo

3

Termodinamika Atmosfer

Hobbs

1.5

Kebum & Geo

4

Kimia Atmosfer

Hobbs

1.5

Kebum & Geo

5

Makrofisika Awan

Stull

1.5

Kebum & Geo

6

Mikrofisika Awan

Stull

1.5

Kebum & Geo

7

Dinamika Atmosfer

Stull

1.5

Kebum & Geo

8

Sirkulasi Udara Global

Stull

1.5

Kebum & Geo

9

Lapisan Batas Atmosfer

Stull

1.5

Kebum & Geo

10

Dinamika Iklim

Hobbs

1.5

Kebum & Geo

11

Sistem Cuaca Skala Lokal

Stull

1.5

Kebum & Geo

12

Sistem Cuaca Skala Meso

Stull

1.5

Kebum & Geo

13

Optik Atmosfer

Stull

1.5

Kebum & Geo

14

Dinamika Osilasi Atmosfer

Stull

1.5

Kebum & Geo

15

Gelombang Ekuator

Any Sources

1.5

Kebum & Geo

16

Sistem Siklon

Hobbs

1.5

Kebum & Geo

17

Massa Udara & Front

Stull

1.5

Kebum & Geo

18

Observasi Cuaca

BMKG

1.5

Kebum & Geo

19

Satelit & Radar Cuaca

BMKG

1.5

Kebum & Geo

20

Kapita Selekta Meteorologi

Any Sources

1.5

Kebum & Geo

Total Durasi

30

 

 

 

 

DAY

Oseanografi

Referensi

Durasi (Jam)

Peserta

1

Batimetri

Trujilo

1.5

Kebum & Geo

2

Marine Sediment

Trujilo

1.5

Kebum & Geo

3

Air Tawar & Salinisasi

Trujilo

1.5

Kebum & Geo

4

Komposisi Kimia dan Proses Kimia Laut

Trujilo

1.5

Kebum & Geo

5

Sirkulasi Lautan

Trujilo

1.5

Kebum & Geo

6

Gelombang 1

Trujilo

1.5

Kebum & Geo

7

Fluktuasi Muka Laut

Triatmojo

1.5

Kebum & Geo

8

Dinamika Pesisir 1

Trujilo

1.5

Kebum & Geo

9

Dinamika Pesisir 2

Trujilo

1.5

Kebum & Geo

10

Lingkungan Laut

Trujilo

1.5

Kebum & Geo

11

Produktivitas Biologi Lautan

Trujilo

1.5

Kebum & Geo

12

Biota Laut Pelagik

Trujilo

1.5

Kebum & Geo

13

Biota Laut Bentik

Trujilo

1.5

Kebum & Geo

14

Laut & Perubahan Iklim

Trujilo

1.5

Kebum & Geo

15

Observasi Lautan

Any Sources

1.5

Kebum & Geo

16

Gelombang 2

Triatmojo

1.5

Kebum & Geo

17

Deformasi Gelombang

Triatmojo

1.5

Kebum & Geo

18

Karakter Fisis Laut

Stewart

1.5

Kebum & Geo

19

Muara Sungai

Triatmojo

1.5

Kebum & Geo

20

Kapita Selekta Oseanografi

Any Sources

1.5

Kebum & Geo

Total Durasi

30

 

 

DAY

Astronomy

Referensi

Durasi (Jam)

Peserta

1

Trigonometri Bola Langit

Karttunen

1.5

Kebum & Astro

2

Tata Koordinat Bola Langit

Karttunen

1.5

Kebum & Astro

3

Astronomi Tanda Waktu

Karttunen

1.5

Kebum & Astro

4

Observasi Visible EM

Karttunen

1.5

Kebum & Astro

5

Observasi Non Visible EM

Karttunen

1.5

Kebum & Astro

6

Fotometri

Karttunen

1.5

Kebum & Astro

7

Mekanisme Radiasi Spektroskopi

Karttunen

1.5

Kebum & Astro

8

Mekanika Benda Langit 1

Karttunen

1.5

Kebum & Astro

9

Mekanika Benda Langit 2

Karttunen

1.5

Kebum & Astro

10

Sistem Keplanetan

Karttunen

1.5

Kebum & Astro

11

Matahari & Objek Benda Langit

Karttunen

1.5

Kebum & Astro

12

Fisika Bintang & Bintang Ganda

Karttunen

1.5

Kebum & Astro

13

Evolusi & Spektrum Bintang

Karttunen

1.5

Kebum & Astro

14

Bintang Variabel & Bintang Padat

Karttunen

1.5

Kebum & Astro

15

Materi Antar Bintang

Karttunen

1.5

Kebum & Astro

16

Astrobiologi & Eksoplanet

Karttunen

1.5

Kebum & Astro

17

Koreksi Posisi Benda Langit

Karttunen

1.5

Kebum & Astro

18

Galaksi & Rasi Bintang

Karttunen

1.5

Kebum & Astro

19

Kosmologi

Karttunen

1.5

Kebum & Astro

20

Kapita Selekta Astronomi

Any Sources

1.5

Kebum & Astro

Total Durasi

30

 

DAY

Geologi

Referensi

Durasi (Jam)

Peserta

1

Kristalografi

Tarbuck

1.5

Kebum & Geo

2

Mineralogi

Tarbuck

1.5

Kebum & Geo

3

Magmatisme

Jhon S

1.5

Kebum & Geo

4

Vulkanisme

Tarbuck

1.5

Kebum & Geo

5

Petrologi Beku

Tarbuck

1.5

Kebum & Geo

6

Petrologi Sedimen

Tarbuck

1.5

Kebum & Geo

7

Petrologi Metamorf

Tarbuck

1.5

Kebum & Geo

8

Petrologi Piroklastik

Tarbuck

1.5

Kebum & Geo

9

Stratigrafi

Tarbuck

1.5

Kebum & Geo

10

Geokronologi

Wikipedia

1.5

Kebum & Geo

11

Paleontologi

Tarbuck

1.5

Kebum & Geo

12

Tektonofisik

Hamblin

1.5

Kebum & Geo

13

Geomorfologi 1

Tarbuck

1.5

Kebum & Geo

14

Geomorfologi 2

Tarbuck

1.5

Kebum & Geo

15

Geofisika

BMKG

1.5

Kebum & Geo

16

Geologi Struktur 1

Tarbuck

1.5

Kebum & Geo

17

Geologi Struktur 2

UGM

1.5

Kebum & Geo

18

Hidrogeologi

Tarbuck

1.5

Kebum & Geo

19

SDA Geologi

Hamblin

1.5

Kebum & Geo

20

Kapita Selekta Geologi

Any Sources

1.5

Kebum & Geo

Total Durasi

30

 

 

DAY

Astronomy Part 2

Referensi

Durasi (Jam)

Peserta

1

Diskusi Soal Matematika Dasar 1

SBMPTN

1.5

Kebum & Astro

2

Diskusi Soal Matematika Dasar 2

SBMPTN

1.5

Kebum & Astro

3

Diskusi Soal Fisika Dasar 1

SBMPTN

1.5

Kebum & Astro

4

Diskusi Soal Fisika Dasar 2

SBMPTN

1.5

Kebum & Astro

5

Diskusi Soal Kimia Dasar

SBMPTN

1.5

Kebum & Astro

6

Diskusi Soal Astronomi Bola 1

OSN, IESO, IOAA

1.5

Kebum & Astro

7

Diskusi Soal Astronomi Bola 2

OSN, IESO, IOAA

1.5

Kebum & Astro

8

Diskusi Soal Astronomi Tanda Waktu

OSN, IESO, IOAA

1.5

Kebum & Astro

9

Diskusi Soal Teleskop 1

OSN, IESO, IOAA

1.5

Kebum & Astro

10

Diskusi Soal Teleskop 2

OSN, IESO, IOAA

1.5

Kebum & Astro

11

Diskusi Soal Fotometri Spektroskopi 1

OSN, IESO, IOAA

1.5

Kebum & Astro

12

Diskusi Soal Fotometri Spektroskopi 2

OSN, IESO, IOAA

1.5

Kebum & Astro

13

Diskusi Soal Mekanika Benda Langit 1

OSN, IESO, IOAA

1.5

Kebum & Astro

14

Diskusi Soal Mekanika Benda Langit 2

OSN, IESO, IOAA

1.5

Kebum & Astro

15

Diskusi Soal Mekanika Benda Langit 2

OSN, IESO, IOAA

1.5

Kebum & Astro

16

Diskusi Soal Bintang Ganda

OSN, IESO, IOAA

1.5

Kebum & Astro

17

Diskusi Soal Fisika Bintang

OSN, IESO, IOAA

1.5

Kebum & Astro

18

Diskusi Soal Ekstrasolar Planet

OSN, IESO, IOAA

1.5

Kebum & Astro

19

Diskusi Soal Kosmologi

OSN, IESO, IOAA

1.5

Kebum & Astro

20

Diskusi Soal Praktik Analisis Data

OSN, IESO, IOAA

1.5

Kebum & Astro

Total Durasi

30

 

DAY

Kebumian

Referensi

Durasi (Jam)

Peserta

1

Diskusi Soal Hitungan Meteorologi

OSN, IESO

1.5

Kebum

2

Diskusi Soal Hitungan Meteorologi

OSN, IESO

1.5

Kebum

3

Diskusi Soal Hitungan Meteorologi

OSN, IESO

1.5

Kebum

4

Diskusi Soal Hitungan Geologi

OSN, IESO

1.5

Kebum

5

Diskusi Soal Hitungan Geologi

OSN, IESO

1.5

Kebum

6

Diskusi Soal Hitungan Geologi

OSN, IESO

1.5

Kebum

7

Diskusi Soal Hitungan Oseanografi

OSN, IESO

1.5

Kebum

8

Diskusi Soal Hitungan Oseanografi

OSN, IESO

1.5

Kebum

9

Diskusi Soal Hitungan Oseanografi

OSN, IESO

1.5

Kebum

10

Diskusi Soal Komprehensif Kebumian

OSN, IESO

1.5

Kebum

11

Latihan Tes Peraga 1

OSN, IESO

1.5

Kebum

12

Latihan Tes Peraga 2

OSN, IESO

1.5

Kebum

13

Latihan Praktik Astronomi 1

OSN, IESO

1.5

Kebum

14

Latihan Praktik Astronomi 2

OSN, IESO

1.5

Kebum

15

Latihan Praktik Geologi 2

OSN, IESO

1.5

Kebum

16

Latihan Praktik Geologi 1

OSN, IESO

1.5

Kebum

17

Latihan Praktik Oseanografi 1

OSN, IESO

1.5

Kebum

18

Latihan Praktik Oseanografi 2

OSN, IESO

1.5

Kebum

19

Latihan Praktik Meteorologi 1

OSN, IESO

1.5

Kebum

20

Latihan Praktik Meteorologi 2

Any Sources

1.5

Kebum

Total Durasi

30

 

 

C.    RANCANGAN SILABUS BIDANG ASTRONOMI (Total Durasi 90 Jam 2 Bulan)

 

DAY

Astronomy

Referensi

Durasi (Jam)

Peserta

1

Trigonometri Bola Langit

Karttunen

1.5

Kebum & Astro

2

Tata Koordinat Bola Langit

Karttunen

1.5

Kebum & Astro

3

Astronomi Tanda Waktu

Karttunen

1.5

Kebum & Astro

4

Observasi Visible EM

Karttunen

1.5

Kebum & Astro

5

Observasi Non Visible EM

Karttunen

1.5

Kebum & Astro

6

Fotometri

Karttunen

1.5

Kebum & Astro

7

Mekanisme Radiasi Spektroskopi

Karttunen

1.5

Kebum & Astro

8

Mekanika Benda Langit 1

Karttunen

1.5

Kebum & Astro

9

Mekanika Benda Langit 2

Karttunen

1.5

Kebum & Astro

10

Sistem Keplanetan

Karttunen

1.5

Kebum & Astro

11

Matahari & Objek Benda Langit

Karttunen

1.5

Kebum & Astro

12

Fisika Bintang & Bintang Ganda

Karttunen

1.5

Kebum & Astro

13

Evolusi & Spektrum Bintang

Karttunen

1.5

Kebum & Astro

14

Bintang Variabel & Bintang Padat

Karttunen

1.5

Kebum & Astro

15

Materi Antar Bintang

Karttunen

1.5

Kebum & Astro

16

Astrobiologi & Eksoplanet

Karttunen

1.5

Kebum & Astro

17

Koreksi Posisi Benda Langit

Karttunen

1.5

Kebum & Astro

18

Galaksi & Rasi Bintang

Karttunen

1.5

Kebum & Astro

19

Kosmologi

Karttunen

1.5

Kebum & Astro

20

Kapita Selekta Astronomi

Any Sources

1.5

Kebum & Astro

Total Durasi

30

 

 

DAY

Astronomy Part 2

Referensi

Durasi (Jam)

Peserta

1

Diskusi Soal Matematika Dasar 1

SBMPTN

1.5

Kebum & Astro

2

Diskusi Soal Matematika Dasar 2

SBMPTN

1.5

Kebum & Astro

3

Diskusi Soal Fisika Dasar 1

SBMPTN

1.5

Kebum & Astro

4

Diskusi Soal Fisika Dasar 2

SBMPTN

1.5

Kebum & Astro

5

Diskusi Soal Kimia Dasar

SBMPTN

1.5

Kebum & Astro

6

Diskusi Soal Astronomi Bola 1

OSN, IESO, IOAA

1.5

Kebum & Astro

7

Diskusi Soal Astronomi Bola 2

OSN, IESO, IOAA

1.5

Kebum & Astro

8

Diskusi Soal Astronomi Tanda Waktu

OSN, IESO, IOAA

1.5

Kebum & Astro

9

Diskusi Soal Teleskop 1

OSN, IESO, IOAA

1.5

Kebum & Astro

10

Diskusi Soal Teleskop 2

OSN, IESO, IOAA

1.5

Kebum & Astro

11

Diskusi Soal Fotometri Spektroskopi 1

OSN, IESO, IOAA

1.5

Kebum & Astro

12

Diskusi Soal Fotometri Spektroskopi 2

OSN, IESO, IOAA

1.5

Kebum & Astro

13

Diskusi Soal Mekanika Benda Langit 1

OSN, IESO, IOAA

1.5

Kebum & Astro

14

Diskusi Soal Mekanika Benda Langit 2

OSN, IESO, IOAA

1.5

Kebum & Astro

15

Diskusi Soal Mekanika Benda Langit 2

OSN, IESO, IOAA

1.5

Kebum & Astro

16

Diskusi Soal Bintang Ganda

OSN, IESO, IOAA

1.5

Kebum & Astro

17

Diskusi Soal Fisika Bintang

OSN, IESO, IOAA

1.5

Kebum & Astro

18

Diskusi Soal Ekstrasolar Planet

OSN, IESO, IOAA

1.5

Kebum & Astro

19

Diskusi Soal Kosmologi

OSN, IESO, IOAA

1.5

Kebum & Astro

20

Diskusi Soal Praktik Analisis Data

OSN, IESO, IOAA

1.5

Kebum & Astro

Total Durasi

30

 

 

D.    RANCANGAN SILABUS BIDANG GEOGRAFI (Total Durasi 150 Jam 4 Bulan)

 

DAY

Geografi Sosial

Referensi

Durasi (Jam)

Peserta

1

Kebijakan Iklim & Meteorologi Sosial

Waugh David

1.5

Geo

2

Manajemen DAS Hidrologi

Chay Asdak

1.5

Geo

3

Manajemen Sumber Daya Pesisir

Triatmojo

1.5

Geo

4

Kebencanaan & Manajemen Bencana

Waugh David

1.5

Geo

5

Sumber Daya Alam dan Sosial

Waugh David

1.5

Geo

6

Manajemen Sumber Daya

Waugh David

1.5

Geo

7

Ilmu Tanah

Waugh David

1.5

Geo

8

Geografi Lingkungan

Waugh David

1.5

Geo

9

Pembangunan Berkelanjutan

Waugh David

1.5

Geo

10

Tata Guna Lahan

Waugh David

1.5

Geo

11

Geografi Pertanian & Masalah Pangan

Waugh David

1.5

Geo

12

Antropologi 1

Waugh David

1.5

Geo

13

Antropologi 2

Waugh David

1.5

Geo

14

Geografi Ekonomi

Waugh David

1.5

Geo

15

Pariwisata & Manajemen Pariwisata

Robbert Stodart

1.5

Geo

16

Geografi Pembangunan

Waugh David

1.5

Geo

17

Geografi Tata Ruang Kota

Robbert Stodart

1.5

Geo

18

Geografi Budaya & Identitas Regional

Robbert Stodart

1.5

Geo

19

Sistem Informasi Geografis 1

Prahasta

1.5

Geo

20

Sistem Informasi Geografis 2

Prahasta

1.5

Geo

Total Durasi

30

 

 

DAY

Geologi

Referensi

Durasi (Jam)

Peserta

1

Kristalografi

Tarbuck

1.5

Kebum & Geo

2

Mineralogi

Tarbuck

1.5

Kebum & Geo

3

Magmatisme

Jhon S

1.5

Kebum & Geo

4

Vulkanisme

Tarbuck

1.5

Kebum & Geo

5

Petrologi Beku

Tarbuck

1.5

Kebum & Geo

6

Petrologi Sedimen

Tarbuck

1.5

Kebum & Geo

7

Petrologi Metamorf

Tarbuck

1.5

Kebum & Geo

8

Petrologi Piroklastik

Tarbuck

1.5

Kebum & Geo

9

Stratigrafi

Tarbuck

1.5

Kebum & Geo

10

Geokronologi

Wikipedia

1.5

Kebum & Geo

11

Paleontologi

Tarbuck

1.5

Kebum & Geo

12

Tektonofisik

Hamblin

1.5

Kebum & Geo

13

Geomorfologi 1

Tarbuck

1.5

Kebum & Geo

14

Geomorfologi 2

Tarbuck

1.5

Kebum & Geo

15

Geofisika

BMKG

1.5

Kebum & Geo

16

Geologi Struktur 1

Tarbuck

1.5

Kebum & Geo

17

Geologi Struktur 2

UGM

1.5

Kebum & Geo

18

Hidrogeologi

Tarbuck

1.5

Kebum & Geo

19

SDA Geologi

Hamblin

1.5

Kebum & Geo

20

Kapita Selekta Geologi

Any Sources

1.5

Kebum & Geo

Total Durasi

30

 

 

DAY

Oseanografi

Referensi

Durasi (Jam)

Peserta

1

Batimetri

Trujilo

1.5

Kebum & Geo

2

Marine Sediment

Trujilo

1.5

Kebum & Geo

3

Air Tawar & Salinisasi

Trujilo

1.5

Kebum & Geo

4

Komposisi Kimia dan Proses Kimia Laut

Trujilo

1.5

Kebum & Geo

5

Sirkulasi Lautan

Trujilo

1.5

Kebum & Geo

6

Gelombang 1

Trujilo

1.5

Kebum & Geo

7

Fluktuasi Muka Laut

Triatmojo

1.5

Kebum & Geo

8

Dinamika Pesisir 1

Trujilo

1.5

Kebum & Geo

9

Dinamika Pesisir 2

Trujilo

1.5

Kebum & Geo

10

Lingkungan Laut

Trujilo

1.5

Kebum & Geo

11

Produktivitas Biologi Lautan

Trujilo

1.5

Kebum & Geo

12

Biota Laut Pelagik

Trujilo

1.5

Kebum & Geo

13

Biota Laut Bentik

Trujilo

1.5

Kebum & Geo

14

Laut & Perubahan Iklim

Trujilo

1.5

Kebum & Geo

15

Observasi Lautan

Any Sources

1.5

Kebum & Geo

16

Gelombang 2

Triatmojo

1.5

Kebum & Geo

17

Deformasi Gelombang

Triatmojo

1.5

Kebum & Geo

18

Karakter Fisis Laut

Stewart

1.5

Kebum & Geo

19

Muara Sungai

Triatmojo

1.5

Kebum & Geo

20

Kapita Selekta Oseanografi

Any Sources

1.5

Kebum & Geo

Total Durasi

30

 

 

DAY

Meteorologi

Referensi

Durasi (Jam)

Peserta

1

Meteorologi Dasar

Hobbs

1.5

Kebum & Geo

2

Radiasi Atmosfer

Hobbs

1.5

Kebum & Geo

3

Termodinamika Atmosfer

Hobbs

1.5

Kebum & Geo

4

Kimia Atmosfer

Hobbs

1.5

Kebum & Geo

5

Makrofisika Awan

Stull

1.5

Kebum & Geo

6

Mikrofisika Awan

Stull

1.5

Kebum & Geo

7

Dinamika Atmosfer

Stull

1.5

Kebum & Geo

8

Sirkulasi Udara Global

Stull

1.5

Kebum & Geo

9

Lapisan Batas Atmosfer

Stull

1.5

Kebum & Geo

10

Dinamika Iklim

Hobbs

1.5

Kebum & Geo

11

Sistem Cuaca Skala Lokal

Stull

1.5

Kebum & Geo

12

Sistem Cuaca Skala Meso

Stull

1.5

Kebum & Geo

13

Optik Atmosfer

Stull

1.5

Kebum & Geo

14

Dinamika Osilasi Atmosfer

Stull

1.5

Kebum & Geo

15

Gelombang Ekuator

Any Sources

1.5

Kebum & Geo

16

Sistem Siklon

Hobbs

1.5

Kebum & Geo

17

Massa Udara & Front

Stull

1.5

Kebum & Geo

18

Observasi Cuaca

BMKG

1.5

Kebum & Geo

19

Satelit & Radar Cuaca

BMKG

1.5

Kebum & Geo

20

Kapita Selekta Meteorologi

Any Sources

1.5

Kebum & Geo

Total Durasi

30

 

 

E.    RANCANGAN SILABUS BRAINSTORMING

 

DAY

Brainstorming

Topik

Durasi (Jam)

Peserta

1

Kemampuan dan Passion ?

Self Improvement

1

Semua

2

Mengenal Diri Sendiri, Self Awareness

Self Improvement

1

Semua

3

Manajemen Waktu Anak Olim, Sibuk ?

Self Improvement

1

Semua

4

Seimbang Akademik & Organisasi ?

Self Improvement

1

Semua

5

Bedah Ikigai

Self Improvement

1

Semua

6

Strategi Belajar & Mencatat Sang Juara

Self Improvement

1

Semua

7

Optimalisasi Kinerja Otak, Second Brain ?

Self Improvement

1

Semua

8

Rumus Produktivitas

Self Improvement

1

Semua

9

Ibadah Agar Otak Encer

Self Improvement

1

Semua

10

Personal Branding atau Pamer Prestasi ?

Self Improvement

1

Semua

11

Ikut Olim bantu ekonomi keluarga ?

Motivasi

1

Semua

12

Keterbatasan Ga Jadi Alasan Juara Olim

Motivasi

1

Semua

13

Beasiswa Indonesia Maju

Masa Depan

1

Semua

14

PTN Jalur Prestasi

Masa Depan

1

Semua

15

Anak OSN Masuk Kedinasan ?

Masa Depan

1

Semua

16

Pilih Jurusan atau Nama Kampus ?

Masa Depan

1

Semua

17

Softskill untuk anak bumi

Masa Depan

1

Semua

18

Skill Pemrograman perlu dari sekarang ?

Masa Depan

1

Semua

19

Tips Komunikasi Jurusan Kuliah ke Ortu

Masa Depan

1

Semua

20

Prospek Jurusan Ilmu Bumi di Dunia Kerja

Masa Depan

1

Semua

Total Durasi

20

 

 

F.    JADWAL KBM

 

 


MEKANISME PENDAFTARAN

 

A.    FASILITAS POKI ACADEMY

      Pembelajaran OSN Kebumian, Geografi dan Astronomi yang sesuai rencana ajar

      Mentor berpengalaman dan update teknologi

      Teman belajar academy dengan visi misi yang sama dalam grup yang sama

      Terdapat sesi Brainstorming tentang prospek perkuliahan dan skill baik hardskill dan softskill bagi seorang ahli kebumian.

      Rapor belajar untuk siswa, orang tua, guru dan sekolah rutin bulanan.

      Rekaman yang dapat ditonton ulang

      Durasi pelatihan terlengkap se Indonesia hingga 210 Jam

      Jumlah Latihan Soal Pilihan Ganda Minimal 25 soal maksimal 50 soal setiap harinya dan Jumlah Latihan Soal Uraian Minimal 10 Soal perhari

      Total Akumulasi Target Capaian Soal khusus bidang Kebumian minimal 3000 soal dan maksimal 10.000 soal.

      Total Akumulasi target capaian soal khusus bidang geografi minimal 2000 Soal dan maksimal 7000 soal.

      Total akumulasi target capaian soal khusus bidang astronomi minimal 1000 soal dan maksimal 4000 soal.

      Jumlah Sesi Latihan Tes Peraga Kebumian Minimal 2 Kali

      Jumlah Sesi Latihan Tes Praktik Lapangan Kebumian, Astronomi dan Geografi Minimal 8 Kali

      Jumlah Sesi Latihan Tes Multimedia Geografi dan Analisis Data Astronomi minimal 2 Kali.

 

B.    BIAYA POKI ACADEMY

Biaya per orang untuk program Poki Academy dibedakan berdasarkan bidang yang dipilih oleh siswa dengan daftar harga sebagai berikut :

1.    Bidang Kebumian : Rp. 3.200.000 (Durasi 210 Jam dalam 6 Bulan)

2.    Bidang Astronomi : Rp. 1.200.000 (Durasi 90 Jam dalam 2 Bulan)

3.    Bidang Geografi    : Rp. 2.200.000 (Durasi 150 Jam dalam 4 Bulan)

 

C.    TATA CARA PENDAFTARAN POKI ACADEMY

1.     Peserta yang akan mengikuti Poki Academy memiliki syarat yaitu

A.    Peserta wajib memilii NIAT dan KONSISTENSI

B.    Peserta perbidang per sekolah yang sama hanya diperbolehkan 2 orang

2.     Jika sanggup dan yakin mengikuti Poki Academy, peserta diperbolehkan mengisi link pendaftaran di https://bit.ly/Form-Poki-Academy dengan pendaftaran dibuka 1 Desember 2023

3.     Pembayaran dilakukan ke Bank BNI dengan Nomor Rekening 0721180255 Atas Nama Bagus Primohadi Syahputra

Komentar